Skip to main content

DIY : kuras tangki bensin + ganti filter fuel pump

premium yg dipakai sehari2 berdampak jelek pada kendaraan... misalnya pada sample minyak bbrp wktu lalu yg gw ambil ...
gambar paling kiri adalah hasil campuran premium dan pertamax... gambar tengah adalah premium pada saat kondisi aman warnanya jernih.. saat isu premium bermasalah.. gw ambil sample ternayata warnanya kecoklatan ... di duga kandungan sulfur yg tinggi terasa panas ditangan.. dampak negatifnya pada fuelpump kendaraan.. oleh karna itu gw memutuskan menurunkan tangki utk melihat bagaimana kondisi nya..






- buka dulu baut 14 penahan tangki...  ada 4 baut (posisi tangki di ganjal ya)




-lalu lepaskan baut2 control emisi bahan bakar

-lepskan gantungan jos/knalpot supaya tidak menggangu
-lepaskan sambungan selang minyak ke tangki
- buka 3 sabungan ini.. hati2... jgn sampe bengkok pipa nya (2 dari pipa ini pipa minyak)
-lepaskan kabel ground ini
-lepaskan 3 selang control emisi
- lepaskan dan singkirkan emisi control ini

-posisi dongkrak tangki nya dan sudah siap turun
- turunkan tangki sedikit demi sedikit

-hati2 selang ini bila menggangu bisa di lepaskan dulu dari body tangki

-setelah tangki turun lepaskan 6 baut fuelpump assy
-ini lah fuelpump assy  terlihat filter nya kotor
-filter seperti berkarat kotor
-ini adalah premium saaat bermasalah di dalem tangki berubah tambah keruh warnanya
- gambar ember  kanan adalah hasil kotoran sewaktu mengguncang2 tangki dgn bensin hasilnya jadi hitam kotor
gambar ember kiri adalah endapan dari bensin ember yg kanan
-lakukan pembongkaran fuelpump nya
-ini fuelpump yg uda lepas

-ini adalah filter bensin setelah fuelpump harganya mahal :D di bersihkan saja.. filter ini gak bisa di buka jadi kalo kotor parah diganti 1 unit
-bensin yg berlumpur coklat itu hasil kotoran filter bensin .... kotor banget
-ini adalah hasil endapan bensin kotor tadi... padahal gw selalu isi di SPBU pasti pas.. tetap aja gini hasilnya.. kuras tangki terakhir gak sampe 2 tahun padahal
-setelah selesai bersihkan smuanya.. cek selang2 udara termasuk one way valve ini  (yg gw tunjuk) bila buntu bersihkan.. efeknya bila buntu ::
*misal bensin di isi full abis di isi misal dipake 100km kok jadi ndut2an mobil... tapi misal pas buka tutup tangki setelah udara yg teperangkap di tangki keluar .. mobil normal lagi :D  itu disebabkan tekanan di dalem tangki karena sirkulasi udara gak lancar.. jadi bensin yg nyusut di tangki gak bisa digantikan udara.. akibatnya terjadi tekanan* solusi bersihkan valve ini atau ganti *

-tampak dasar tangki berkarat
-setelah cek smuanya oke
-kembali ke pergantian filter bensin baru ... ini filter sebelum fuel pump;.... lalu rakit ulang kabel.. pengatur/indikator bensin, periksa ulang jgn sampe ada soket kendor
-lalu pasang kembali fuelpump assy ke tangki dgn posisi seperti diatas.. posisi yg salah akan mengganggu gerak pelampung bensin...
-pasang kembali cangkang penahan fuelpump assy  ada 2 titik sebagai tandanya(yg gw tunjuk)
-pasang kembali selang2 nya jgn terbalik ya (sebaiknya diingat posisi selang sebelum pelepasan)
pasang kembali tangki ke mobil seperti awal


-setelah selesai cek secara teliti apakah ada kebocoran bensin saat msin idup



-no 1 buat minyak keluar dr fuelpump..
trus masuk ruangan filter no 3... trus keluar dari no 4 trus ke fuelrail  ..yg no 1,2,4 itu satu jalur .. cuma pas pemasangan no 2 di sumbat gak tau utk apa
gw liat ada filter di no 2 itu di bagi 2 jalur om dalem lubang yg satu trus ke ke 4 yg satu lagi masuk ke filter no 3 juga.



**bila fuelpump bermasalah jgn sekali2 menservice ulang.. karena fuelpump posisi didalem tangki terendam bensin bila terjadi konslet timbul percikan api yg dapet menimbulkan ledakan.. ganti baru fuelpump dgn part yg asli bawaan kendaraan.. hati2 fuelpump servisan/konslet ibarat pasang bom waktu di mobil yg dapat meledak setiap saat !!

Comments

Popular posts from this blog

Suzuki NEW SHOGUN 125 R Cub Motorcycle

Suzuki NEW SHOGUN 125 R Cub Motorcycle Suzuki NEW SHOGUN 125 R Cub Motorcycle Suzuki NEW SHOGUN 125 R Cub Motorcycle Suzuki NEW SHOGUN 125 R Motorcycle News and Reviews Suzuki New Shogun 125 R - Drawings and Specifications From engine modifications, modified, motorcycle modification. Free online source of Motorcycle videos, pictures, cheap motorcycle insurance, motorcycle insurance, motorcycle insurance quote, motorcycle insurance rates, bmw motorcycle insurance, online motorcycle insurance quote New Suzuki Shogun 125R - Drawings and Specifications Manufacturer of motorcycles Suzuki Motorcycle Find news. Suzuki NEW SHOGUN 125 R FRAME Under the framework of bone Suspension Front Telescopic, per spiral, oil damper Rear suspension swing arm, a spiral, silencer oli1, 9 m Angle Play Disc, hydraulic N290 DepanRem Rear Disc Brakes, hydraulic N220 Tire Size Front 70/90-17 M / C 38P Rear Tire Size 80/90-17 M / C 44P Suzuki NEW SHOGUN 125 R ELECTRICAL SYSTEM Suzuki Ignition System DC-CDI (DIG

Suzuki NEW SHOGUN 125 RR Cub Motors

Suzuki NEW SHOGUN 125 RR Cub Motors Suzuki NEW SHOGUN 125 RR Cub Motors Suzuki NEW SHOGUN 125 RR Cub Motors Suzuki NEW SHOGUN 125 RR Motorcycle News and Reviews Suzuki New Shogun 125 RR - Drawings and Specifications From engine modifications, modified, motorcycle modification. Free online source of Motorcycle videos, pictures, cheap motorcycle insurance, motorcycle insurance, motorcycle insurance quote, motorcycle insurance rates, BMW motorcycle insurance, online motorcycle insurance quote Suzuki New Shogun 125 RR - Drawings and Specifications Manufacturer of motorcycles Suzuki Motorcycle Find news. Suzuki NEW SHOGUN 125 RR DIMENSIONS Overall Length 1905 mm Overall Width 715 mm Overall Height 1075 mm Distance Between Wheels As 1220 mm Distance of 135 mm Machine to Land Vehicle weight 108 kg Seat Height 770 mm Suzuki NEW SHOGUN 125 RR MACHINE Type 4 stroke, SOHC Air Cooling System Number of Cylinders 1 (one) Cylinder Diameter 53.5 mm Step Piston 55.2 mm Cylinder Capacity 124 cc Value Co

Kawasaki KAZE ZX130 Moped Sport Motorcycle

Kawasaki KAZE ZX130 Moped Motorcycle Kawasaki KAZE ZX130 Moped Motorcycle Kawasaki KAZE ZX130 Moped Motorcycle Kawasaki KAZE ZX130 Moped Motorcycle Kawasaki KAZE ZX130 Moped Motorcycle Specification Kawasaki KAZE ZX130 Moped Motorcycle Type 4 stroke, SOHC 2 Valves Bore x Stroke 53.0 x 59.1 mm Amount & Fill Cylinders One fruit & 130cc Compression Ratio 10: 1 Maximum Power 7.4 KW (10.1 PS) / 7500 RPM Maximum torque 10.7 Nm / 5500 RPM Keihin Carburetors NCV24 Starter System Electric & Kick Starter Total Transmission 4 speed Pattern transfer Teeth N-1-2-3-4 Primary Gear Reduction System Type Centrifugal Clutch, Wet multi disc Type final drive Chain drive system Reduction ratio 3,000 (42/14) Drive ratio of the overall 8694 @ top gear Ignition System DC-CDI Oil Lubrication System Forced Lubrication (Wet sump) Cooling with Air Cooling System Double Oil Filtration System Filters Lubricant Capacity 1.1 liter engine (dry) Fuel Tank Capacity 3.7 liters Kawasaki KAZE ZX130 Moped NGK S