bila saat pagi hari/ saat mesin dingin .. saat di hidup kan keluar asap tipis iyu hal yg normal.. cm bila asap nya gak hilang2 perlu segera di periksa.. bisa2 seal klep (valve) bocor yg akibat nya bisa mengakibatkan berasap
hitam kalo parah asapnya pun tambah parah :D di sertai idle mesin nya tdl stabil dan juga saat di jalankan tenaganya hilang terasa nyendat2 / pincang .. solusi nya adalah bongkar mesin sampe di atas silinder head utk di lakukan skir klep ,ganti seal klep, lalu atur ulang klep(valve)
(dalam proses skir klep, dan lain2 yg berkaitan dgn asap hitam ngebul akibat klep bocor sama di setiap mobil maupun pada mobil2 terkini,cm umum nya terjadi pada mobil yg berumur... mobil yg baru pun bisa bila perawatan minim )
gambar diatas adalah mesin 13R toyota thn 81 an yg sudah cukup lama 2tn yg lalu baru saja turun mesin total di bengkel , tapi kek nya masih kurang bagus krn ada bbrp seal yg bocor setelah pemakaian gak lama.. setelah didiamkan skitar hampir 2 tahun tanpa di hidupkan sama sekali,sebelumnya skitar 2-3 tahun mobil ini tidak beroperasi lagi cm di rmh saja,cm tp masih dipanaskan dalem seminggu,
setelah di buka cover head nya ternyata oli mesran yg selama ini dipakai sampe berkerak parah
disini gw mencoba memperbaiki nya dgn mengganti ulang seal klep dilanjutkan proses skir klep
langsung saja :
-dilakukan penahan klep nya/ camshaft :D
-itu tampak air radiator yg di blok mesin sampe jamuran krn kelamaan tdk berputar... parah... waterpump mesti di cabut juga nanti
sekian dulu bongkar2 nya part 1 di lanjut lagi part berikutnya klik sini >>>
Comments
Post a Comment